Profil Saya

 


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hai… Terima kasih waktunya untuk mengintip profil saya. Meskipun belumlah menjadi siapa-siapa, senang juga dong diintip-intip, hihi

Nama saya Diah Mumpuni Afrianti. Lahir dan tumbuh di pinggiran kota Jember, kota yang (nyaris) terletak di ujung timur pulau Jawa. Kenapa 'nyaris'? Ya, karena masih ada kota yang bener-bener terletak di ujung timur, yaitu Banyuwangi, hehe.

Selepas lulus SMA, saya hijrah ke kota Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan di jenjang universitas. Memasuki dunia kampus, saya merasa seperti salah jurusan. Kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil, mengharuskan saya berurusan dengan banyak angka dan gambar-gambar. Namun, hal itu tak menyurutkan hobi menulis yang udah lengket bak permen karet nempel di baju saya, hihi. Disela-sela kegiatan kampus yang super padat, saya menghabiskan waktu di kamar kost untuk menulis. 

Demi menghilangkan kejenuhan akan tugas-tugas kuliah yang bertumpuk, saya bergabung di komunitas Penpal yang anggotanya orang-orang di seluruh dunia dan melakukan aktivitas snail-mail bersama mereka. 

Oh iya, pernah juga iseng-iseng mengikuti lomba membuat surat cinta yang diadakan oleh radio Q FM Yogyakarta. Tak disangka, dari banyaknya peserta, saya memenangkan lomba tersebut bersama satu orang lainnya dan diundang 'On Air' di stasiun radio tersebut. Girang? Pastinya :D

Anyway, saya menyukai dunia literasi semenjak kecil. Mencoret-coret kertas origami (yang seharusnya dilipat) seringkali saya lakukan jika tak menemukan buku di rumah. Sampai menginjak remaja, saya yang jarang melakukan aktivitas di luar kelas saat istirahat, sering menulis cerpen yang hanya saya bagikan pada teman sebangku saya untuk dibaca.

Setelah lulus dan bekerja, saya mulai melupakan kegiatan menulis (meskipun, masih rutin belanja buku tiap abis gajian dan membacanya). Terlebih lagi ketika mempunyai bayi pertama, ditambah bayi kedua. Whoa! Seperti hilang sudah keinginan untuk menulis.

Hingga suatu hari saya memutuskan untuk resign dari tempat kerja saya terakhir. Tiba-tiba saya dipertemukan dengan jodoh yang ngumpet. The Jannah Institute. Melalui founder komunitas ini, Prita HW (tons of love, muachh), saya mendapatkan banyak ilmu berharga dan akhirnya bisa menelorkan buku antologi pertama. Yeay…!

Karya-karya saya yang (alhamdulillah) sudah terbit:

1.       Masa Lalu, Terima Kasih Atas Semuanya (Non Fiksi, Antologi, 2019)

2.       Memoar dan Memar (Non Fiksi, Antologi, 2020)

3.       Lika-liku Profesi (Non Fiksi, Antologi, 2020)

4.       Tumbuh Setelah Patah (Fiksi-Prosais, Antologi, 2021)

5.    Perpisahan: Waktu ketika Pilu Akan Bersanding dengan Rindu (Fiksi-Prosais, Antologi, 2021)

6.     Be Strong Palestine We Stand with You (Puisi, Antologi, 2021)

7.    Sahabat Sesurga (Non Fiksi, Antologi, 2021)


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Pengalaman yang luar biasa, MasyaAllah. Tekad menjadi penulis sudah ada sejak usia dini, nggak heran kalau sekarang jadi penulis dan blogger pro �� musti banyak belajar sama Mbak Diah. Salam kenal, saya Maulana dari Denpasar.

    BalasHapus
  2. Hehe, baru merintis blog ni.Terimakasih mas maulana sudah berkunjung di blog Saya. Salam kenal juga. Barakallah fiik

    BalasHapus
  3. Ya Allah, baru tahu kalo dimention, dan baru tahu tampilan blognya sdh berubah dan freshhh. Jodoh ya mbak kita, ga ada angin, ga ada hujan, mak bedunduk ketemu, insyaaALlah sdh rencana Nya yaa.. Aku juga ngefans sama cara Mbak Diah menulis, hehe. Saling menyemangati ya mbak :*

    BalasHapus